Kamis, 10 Juli 2008

G4UL yuk!

jujurrrr aja, gw agak nggak ngerti-ngerti banget sebenernya tentang istilah pop culture ini. tapi setelah membaca 2 post yang telah mendahului dan searching di Google which lead me to the oh-so-famous Wikipedia, i think im starting to get the picture.

kata Wikipedia:

"Popular culture (or pop culture) is the culture — patterns of human activity and the symbolic structures that give such activities significance and importance — which are popular, well-liked or common"

jadi gw udah meng-interpret kata-kata diatas ke dalam bahasa gw sendiri dan akan mulai menuliskan apa yang gw tangkep dari kata-kata diatas, sesuai dengan pengertian gw.
so here goes...

Anak Gaul Jakarta. istilah yang sempet populer beberapa tahun lalu which refers to anak-anak gaul di Jakarta. (im bad at describing things!) well, keywordnya adalah GAUL. ato jaman SD dulu, kalo mo disebut 'gaul', nulisnya G-4-U-L.

you see, gw suka jalan-jalan ke mall tanpa tujuan yang jelas. palingan nonton sama makan. kalo lagi nggak jelas ngapain, gw sama temen gw suka ngomongin orang-orang yang lewat di depan kita.. tua, muda, bayi, bayi besar, dll. tapi satu hal faforit gw adalah menilai gerombolan anak-anak g4ul yang berlalu lalang. membagi gerombolan anak-anak ini jadi 4 golongan:
1. SMP
2. baru mau lulus SMP
3. SMU
4. hampir lulus SMU.

how to spot them? yah, biasanya mereka pake baju yang rather colourful atau hebring, ato pake topi fedora ala tompi, pake kaffiyeh, orr sendal gladiator yang lagi in jaman gini, atau kadang suka ada yang lebay pake dress (hello this is Indonesia!). masih mending kalo makenya satu-satu. ada aja loh orang yang make semua hal di atas disaat yang bersamaan! man some people just try too hard..

anyways, biasanya golongan yang paling mengherankan buat gw dan temen gw adalah golongan yang pertama yaitu anak SMP dan sometimes golongan kedua juga. tapi yang pertama lebih menarik perhatian. kenapa mengherankan? jadi gini.. kalo gw look back ke jaman-jaman SMP dulu (sekitar umur 13-15thn) , gw inget banget bahwa kegiatan gw sangat terbatas. jalan ke mall, musti ijin nyokap bokap dan itupun frekuensinya sangat terbatas! sebulan sekali kali!? yah pokonya kalo hari ini gw udah jalan-jalan, minggu depan belom tentu boleh!

tapi seiring berkembangnya jaman, gw melihat sekarang di mall-mall, di friendster, di facebook, dan dimana-mana, anak-anak yang disebut g4ul ini makin kecil umurnya! man.. it tickles y'know. menggelikan. gw pernah buka Friendsternya temennya temen gw. sebut aja si A. si A ini anak SMP kelas 2, tapi difoto-fotonya dia lebih terlihat seperti anak kuliahan (which is probably the whole point of it). foto-fotonya dia lagi jalan-jalan di mall, nongkrong di Starbucks atau spot-spot g4ul lainnya seperti Foodfest, PIM, Citos, dll. itu masih mending! beberapa foto lainnya adalah foto-foto dia lagi clubbing. woyyy!? anak bocah umur 14 tahun! sweetseventeen-nya aja masih 3 tahun lagi! tsk tsk..

yang menjadi pertanyaan di otak gw adalah, emang bokap nyokap gw yang dulu kolot, atau emang perkembangan jaman segini lucunya?! emangnya mereka nggak dimarahin papamamanya apah kalo pulang diatas jam 9 mlm? haha.. ngak ngerti deh.

another thing yang gw perhatiin, di Friendster/Facebook, ada beberapa hal yang secara nggak langsung lagi in yang (mungkin!?) bisa disebut bagian dari si Mr.PopCulture, kalo gw nggak salah menginterpretasikan artinya. dilihat dari mananya sih?? gini gini.. gw juga tipe orang yang suka buka-buka profile orang-orang tak dikenal dan bikin an uneducated guess tentang si orang ini. nggak jarang gw browsing, dan menemukan foto-foto anak SMU (cie gw sombong udah kuliah) yang berfoto-foto dengan sebotol minuman beralkohol, like it was the coolest thing on earth! teruss foto-foto lain lagi clubbing bersama para sobii. seakan-akan dari foto-foto ini mereka mo bilang "Hey, aku clubbing loh. so i'm cool!" tsk tsk.. skalian aja bilang,"hey, perut gw buncit karna minuman beralkohol loh! im cool!"

well, gw bukannya mau nge-judge orang salah/bener, dosa/ngga dosa. semua orang punya lifestyle nya masing-masing lah. tapi kayanya nggak banget aja kalo tingkat g4ul lo harus diukur dari minum/nggak ato clubbing/nggak nya elo. tapi kenyataannya, ini emang sering jadi tolak ukur g4ulnya mereka (baca: anak-anak dari 4 golongan yang tadi gw sebut diatas). one word: pathetic. betapa dangkalnya calon-calon penerus bangsa jaman skarang... (saelahhhh)

tipe foto-foto yang lagi IN lainnya adalah berfoto dengan muka jelek (yang setelah dijepret orangnya bilang "ih gw lucu"). atauu foto dirisendiri yang mukanya kepotong setengah.. (gw dulu sempet punya! tapi skrg semua orang ikut-ikutan so nevermind!). sempet juga populer berpose dengan rambu-rambu lalulintas. gw yakin lo tauu dong yang ini? foto dibawah STOP! sign, ato NO SMOKING, ato DILARANG PARKIR, ato sekedar panah-panah yang warna biru putih. pokonya rambu lalu lintas! kalo duluuu banget pas Friendster masih agak baru, foto-foto yang lagi in tuh foto-foto close up mampus yang hanya keliatan muka, idung, bibir, pipi, mata. familiar?

mungkin post gw agak random yah?! but what im saying is... si Mr.Popculture di Jakarta ini emang suka membawa hal-hal yang lucu dan menyedihkan at the same time. menyedihkan karena itu tadi, penilaian level keg4ul-an lo seringkali hanya sedangkal itu. sebatas minum, clubbing, ngerokok, hangout di Kemang (padahal ada banyak tempat-tempat lain yang lebih bebas macet dan mudah di jangkau, tapi demi G4UL, harus ke Kemang!). hal-hal lucu karena banyak hal-hal nggak penting yang mendadak bikin lo terlihat g4ul, seperti si rambu lalulintas tadi.

AGEJE OH AGEJEE...

(C.A.)

4 komentar:

Anonim mengatakan...

AGJ.... OMG, imma meet one this weekend... hihihi

Kurisutaberu mengatakan...

apakah anda dulu bukan AGEJE? cus i think it runs in the family. gyahahahahha

novy E mengatakan...

ck ck. banyak ga gue sadarin selama hidup di jakarta ini. seperti foto2 di rambu lalu lintas? astaga. pernah yah ada jaman kaya gitu? emang beda yah kalau banci fs. ada gunanya juga ternyata. ck ck. hahaha.

Serenada Iblis mengatakan...

hahahaha,
sebenernya bahkan pangeran yang conscioused bin revolusioner tetap terkena imbas pop culture...

hanya saja, pinter-pinternya saja.

jadilah prosumen,
karena konsumen cuma bakal bikin anda jadi zombie yang lapar ngebuang uang... huahahaha

gaul itu agaknya sama ya
ketika kita menghabiskan uang untuk perusahaan yang di majalah
iklankan atau sejenisnya...

belilah produk kami, maka kamu adalah perempuan modern
pakailah produk kami, maka kamu adalah mahasiswa sejati

dan lain lain hahahaha